Malang Flower Carnival 2021 768x768

Malang Flower Carnival 2021 RESMI Ditunda, Kenapa Ya ?

24 HOUR – Event tahunan Malang Flower Carnival (MFC) yang akan digelar pada tanggal 4-5 September 2021 mendatang akhirnya resmi ditunda.

Pemberitahuan tersebut disampaikan melalui akun Official Instagram @malangflowercarnival Sehubungan dengan kebijakan pemerintah tentang perpanjangan PPKM, serta menyikapi perkembangan kondisi sosial masyarakat akibar pandemi COVID-19. Maka Panitia MFC (Malang Flower Carnical) 2021 MEMUTUSKAN dan MENUNDA pelaksanaan MFC yang semula tanggal 4-5 September ke tanggal 16-17 Oktober 2021.

Keputusan ini diambil berdasarkan banyak masukan serta hasil konsultasi panitia dengan semua pihak dan Pemangku kepentingan terkait terutama Pemerintah Kota Malang dan peserta kegiatan. Perubahan jadwal kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan kualitas penyelenggaraan kegiatan MFC secara langsung (offline) dan berkualitas bagus.

Seperti yang disampaikan sebelumnya oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni pada Rabu (9/6/2021) bahwa rencana MFC tahun ini akan digelar secara hybrid, digelar secara offline maupun online.

Seperti diketahui, Malang Flower Carnival (MFC) kini telah naik level, dari yang sebelumnya masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia, kini masuk 10 besar Kharisma Event Nusantara.

Malang Flower Carnival adalah karnaval bunga yang rutin diadakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan hari jadi kota Malang. Kegiatan ini telah diadakan sejak tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Komunitas Penggiat Kesenian dan Kebudayaan kota Malang serta Mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang dengan dukungan Pemerintah Kota Malang.

Modernitas kegiatan Malang Flower Carnival dapat dilihat dari cara pihak penyelenggara mengemas bunga khas nusantara menjadi modern. Bunga-bunga itu dirangkai menjadi sebuah kostum untuk manusia. Konsep inilah yang membuat acara Malang Flower Carnival disukai banyak orang, termasuk para remaja generasi milenial.

Tema yang diusung setiap tahun berbeda-beda, namun tetap mengenalkan bunga-bunga khas nusantara. Selain kostum bunga, sisi modernitas Malang Flower Carnival juga tercermin dari wisatawan asing yang berpartisipasi sebagai peserta.